32 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Permanen

Sebagaimana kita ketahui bahwa komedo berasal dari produksi minyak berlebih pada wajah yang tanpa diimbangi dengan perawatan yang telaten. Hal ini muncul berbarengan dengan kemunculannya rasa sedikit minder pada teman atau kekasih, lantaran komedo umumnya menyerang kulit yang masih muda.

Tak ubahnya menyerupai jerawat, komedo ini terkadang muncul dimana saja, baik diwajah sampai-sampai ia menjalar ke punggung. Kebanyakan orang mengira bahwa komedo timbul dihidung saja, padahal dikarenakan komedo ini kecil dan nyaris tak kasat mata, maka ia akan nampak pada kulit yang paling kencang, menyerupai hidung.
Kesimpulannya bukan berarti kulit yang lain kondusif dari serangan si komedo ini. Justru terkadang lantaran kurang sanggup mendapat perhatian, pada kulit yang lain terdapat lebih banyak. Maka dari itu, ketika mengobatinya, lulurlah semua kulit Anda dengan obat yang Anda percaya.
Nah, kali penulis akan menyajikan ramua-ramuan alami yang bisa Anda gunakan sebagai materi obat alternatif untuk menghilangkan komedo secara tuntas tanpa imbas samping dan ketergantungan menyerupai terdapat dari obat pasaran.

 Sebagaimana kita ketahui bahwa komedo berasal dari produksi minyak berlebih pada wajah ya 32 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Dibawah ini saya kumpulkan sangat banyak obat alami sebagai tanggapan dari cara menghilangkan komedo, saya kutip dari aneka macam situs yang sanggup dipertanggung jawabkan keabsahannya, Berikut ini uraiannya: Selamat menyimak dan mengamalkan!

1. Uap panas
Uap panas sanggup membantu terbukanya pori-pori wajah. Apabila sudah terbuka, maka komedo dan kotoran di dalamnya akan sangat gampang sekali hilang. Selain menghilangkan komedo, uap juga terbukti ampuh untuk mengatasi kerutan tanda penuaan dini.
Caranya:
  • Didihkan air higienis secukupnya, usahakan hingga mengeluarkan buih-buih.
  • Tuang air mendidih tersebut ke ember atau wadah lain.
  • Dekatkan wajah tepat diatas air panas hingga terkena uapnya.
  • Sambil mendekatkan, gosok perlahan area wajah terutam hidung.
  • Bilas dengan menggunakan air hambar hingga benar-benar bersih.
2. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh yakni buah yang masuk dalam jenis belimbing dengan rasa asam tingkat tinggi. Zat yang menciptakan belimbing wuluh sanggup menghilangkan komedo, lantaran mengandung antiradang juga yang tidak kalah dengan kurkumin pada temulawak. Belimbing wuluh mengandung flavonoid yang juga merupakan salah satu jenis antiradang alami.
Caranya:
  • Haluskan belimbing wuluh dengan ditumbuk atau diparut.
  • Campur dan remas-remas tumbukan belimbing wuluh dengan air garam dan oleskan pada komedo.
  • Lakukan ritual ini setidaknya tiga kali sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.
Sensasi rasa yang menyegarkan dan sedikit celekit-celikit akan menciptakan Anda ketagihan untuk mengobati komedo menggunakan belimbing wuluh.

3. Daun Sirih
Daun sirih yakni dedaunan yang sudah populer mempunyai fungsi antiseptik. Karena itulah daun sirih juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo.
Caranya:
  • Cukup dengan menumbuk daun sirih ini hingga halus
  • Tempelkan pada permukaan kulit yang terkena komedo.
  • Setelah 10 menit, bilas dengan air hangat-hangat kuku.
  • Akan lebih baik jikalau Anda melaksanakan ini setiap pagi dan setiap akan tidur.
Setelah komedo Anda hilang, terus lakukan ritual ini biar kulit Anda terus terjaga dan mencegah komedo tiba kembali. Selamat mencoba!

4. Jambu Biji
Jambu biji yakni salah satu tumbuhan tropis yang bisa dengan gampang kita jumpai di tempat seluruh indonesia. Jambu biji mengandung vitamin dan mineral. Salah satu manfaat jambu biji yakni kandungan vitamin dan mineralnya yang baik bagi kesehatan kulit. Dengan rajin mengkonsumsi jambu biji, maka kulit bisa terlihat lebih segar, lebih muda serta lebih sehat. Namun bukan buah jambu biji saja yang bermanfaat, tapi daun jambu biji juga punya banyak manfaat baik bagi kesehatan. Salah satunya untuk menghilangkan komedo dan jerawat yang membandel.

Jambu biji mempunyai daging berwarna merah dan kuning pada serpihan kulit jikalau sudah matang. Buah jambu biji banyak mengandung antioksidan yang bisa merawat kulit untuk pencegah penuaan dini. Begitu juga dengan daun jambu biji, sangat bagus untuk perawatan kulit yang berkomedo.
Caranya:
  • Blender daun jambu biji muda menggunakan sedikit air.
  • Setelah itu, gunakan scrub daun jambu biji ini untuk mengangkat komedo di hidung atau di serpihan lain pada wajah Anda.
Jangan lupa untuk melaksanakan perawatan ini secara rutin dan teratur untuk mendapat wajah yang bebas dari komedo membandel. Dengan melaksanakan perawatan alami ini secara rutin, komedo akan hilang dari hidung dan area lain pada wajah Anda. Anda juga bisa mengkonsumsi buah jambu biji untuk mendapat hasil kulit yang lebih sehat dan cantik.

5. Es batu
Lho kok es kerikil sih? Emang mau buat es ya? Hmm, jangan salah es kerikil tak hanya berguna untuk menciptakan es segar saja, ia mempunyai sifat hambar yang sanggup meringkas pori, sehingga bisa meminimalisir keluarnya minyak berlebih di serpihan pori wajah.
Caranya: 
  • Siapkan madu, seduhan teh hijau, dan perasan lemon secukupnya.
  • Campur bahan-bahan tadi menjadi satu, kemudian tambahkan sedikit air.
  • Masukan kedalam lemari pendingin hingga membentuk es kerikil keras.
  • Ambil dan gosokan secara merata ke area komedo. Bila perlu, lakukan hingga es kerikil tersebut habis.
 Sebagaimana kita ketahui bahwa komedo berasal dari produksi minyak berlebih pada wajah ya 32 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

6. Daun Binahong
Daun binahong yakni daun dari tumbuhan binahong. Untuk sobat yang belum tahu tumbuhannya bisa dilihat pada gambar di atas.
Caranya:
  • Ambil beberapa helai daun binahong dan lumatlah dengan sendok hingga lendir pada daun keluar.
  • Oleskanlah lendir daun binahong pada area hidung yang terkena komedo. 
  • Tunggu hingga kering sehabis kering bilas dengan air bersih. 
Saran saya sobat lakukan diwaktu akan tidur atau bangkit tidur. Cara ini sudah terbukti menurut pengalaman pribadi dan ibu saya juga membuktikannya, bahkan yang lebih mengejutkan kulit muka menjadi lebih higienis dan halus.

7. Embun Pagi
Embun yakni uap air yang menjadi air pada ketika pagi hari yang bisa kita jumpai di daun-daun sekitar taman. Saya sering menjumpainya di rerumputan berbentuk putiran air pada helaiyan daun.
Caranya:
  • Ambillah embun pada daun bisa dengan cara memetik helaiannya dan menempelkan airnya pada komedo. 
  • Lakukan secara teratur dalam bebapa hari biar akhirnya kelihatan.
8. Lobak
Sayuran lobak itu sejenis wortel, dan tidak mengecewakan ampuh untuk menghilangkan komedo, tentu saja dengan menimbulkan lobak sebagai masker wajah, dimana Perawatan ini boleh dilakukan 3 hingga 4 kali seminggu kemudian lihat bagaimana reaksinya.

9. Pasta gigi
Setiap orang niscaya mempunyai pasta gigi di rumahnya. Namun siapa sangka, ternyata pasta gigi sangat ampuh untuk mengatasi komedo. Menghilangkan komedo dengan pasta gigi mungkin terdengar asing dan tak masuk akal, tetapi biar tau khasiat luar biasanya pribadi saja deh coba sendiri di rumah.
Cara nya:
  • Siapkan pasta gigi secukupnya, usahakan herbal dan mint.
  • Bilas wajah dengan air hangat supaya membuka pori
  • Kemudian oleskan pasta gigi secara merata ke serpihan komedo.
  • Diamkan hingga pasta gigi tadi keras dan mengering.
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air hambar hingga bersih.
 Sebagaimana kita ketahui bahwa komedo berasal dari produksi minyak berlebih pada wajah ya 32 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

10. Bengkuang
Dengan kandungan nutrisi vitamin B1 dan vitamin C yang ada didalamnya sanggup menghilangkan komedo diwajah caranya dengan memarut bengkoang tersebut kemudian tentu saja sehabis sanggup airnya dimaskerkan jangka usang waktu dari 10 hingga 20 menit kemudian bilas lihat apa yang terjadi sehabis di bilas.

Tomat sangat baik untuk bisa Menghilangkan Komedo, muka berminyak dan muka kering dan kusam, salah satu kegunaan yang bisa kau sanggup dari buah tomat ialah bisa membersihkan komedo yang membandel diwajah dan berguna untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan diwajah anda. Dan yang tidak kalah penting, tomat juga bisa membantu kulit lebih higienis dan kencang.
Caranya:
  • Siapkan bahan-bahan semacam: buah tomat besar yang telah berwarna merah secukupnya,
  • Siapkan juga susu cair tawar lebih kurang 250ml dan sedikit air bersih.
  • Kemudian Tomat merah dipotong menjadi aneka macam tahap, haluskan buah tomat segar dalam mesin penghalus semacam blender. 
  • Saat buah setengah halus tambahkan air higienis sedikit saja kedalamnya.
  • Kemudian sehabis buah tomat halus, saring dan pisahkan antara ampas dan air sari tomat-nya.
  • Setelah air sari tomat terpisah dari amapasnya dan telah siap untuk dicampurkan dengan susu cair tawar, dan aduk aduk hingga tercampur dengan sempurna.
  • Masukan adonan materi kedalam kulkas aneka macam menit hingga dingin.
11. Lemon
Lemon masih satu keluarga dengan buah jeruk, cuman ia mempunyai rasa yang lebih masam dari jeruk pada umumnya. Meski demikian, lemon ternyata mengandung vitamin C dan zat asam yang sanggup membantu mengangkat komedo. Buah satu ini sangat cocok untuk mennghilangkan komedo hitam yang membandel.
Caranya:
  • Siapkan buah lemon segar 1 saja, belah jadi 2 bagian.
  • Bilas wajah dengan air hangat biar pori terbuka dan rileks.
  • Gosokan potongan lemon tadi keseluruh area wajah, terutama yang ada komedonya.
  • Diamkan selama 5-10 menit, meski terasa agak perih.
  • Setelah meresap, bilas dengan air hambar hingga bersih.
12. Kentang
Gunakan kentang sebagai masker di wajah. Caranya yakni dengan memarut kentang atau mengirisnya tipis-tipis, kemudian diaplikasikan di seluruh wajah. Lakukan dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil terbaik.

13. Lidah buaya
Semua orang tentu sudah tahu manfaat luar biasa pengecap buaya untuk rambut. Mulai dari menyuburkan hingga menghitamkan rambut secara alami. 
Namun lebih dari itu, pengecap buaya juga mempunyai khasiat ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah. Baik komedo hitam ataupun putih, semuanya bisa dibasmi dengan materi alami satu ini.
Caranya:
  • Sediakan pengecap buaya segar secukupnya, usahakan gres dipetik.
  • Potong menjadi beberapa bagian, kemudian ambil gel didalamnya.
  • Bersihkan muka kau dengan sabun khusus biar kotoran tak menghambat.
  • Setelah itu oleskan pengecap buaya secara merata, kemudian diamkan hingga kering.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat hingga higienis dan lihat hasilnya.
14. Madu
Manfaat madu untuk kesehatan telah usang populer khasiatnya. Sejak ribuan tahun lalu, para andal kesehatan telah menggunakan madu untuk membantu menyembuhkan luka lantaran madu sanggup berlaku sebagai antiseptik dan mencegah tumbuhnya basil dalam luka.

Madu juga sanggup memberi imbas antiinflamasi yang mengurangi kemerahan pada kulit dan menjaga kulit dari kekeringan, tidak menyerupai beberapa obat komedo dari kimia sintetik yang justru menimbulkan kulit kehilangan kelembabannya bahkan hingga terkelupas.

Jika Anda tertarik untuk mencoba manfaat masker madu maka sebaiknya gunakan madu murni yang terkemas dalam botol kaca. Madu yang telah diproses justru akan menciptakan kulit teritasi dan memperparah komedo Anda.

Madu akan bekerja efektif ketika pori-pori kulit tidak tersumbat oleh bakteri, sehingga Anda perlu membersihkan wajah dengan air hangat dan sabun lembut untuk membuka pori-pori kulit wajah dan mengangkat kotoran terlebih dahulu.
  • Hindari mengusap wajah dengan scrub atau handuk untuk mencegah iritasi kulit. 
  • Oleskan madu murni pada wajah sebelum wajah mengering. 
  • Saat tangan dan wajah masih basah, pijat perlahan wajah dengan madu dan biarkan melekat sejenak selama 2-3 menit. 
  • Pastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap lebah maupun madu sebelum mencoba pengobatan ini.
Manfaat madu sebagai antibiotik bisa membunuh basil penyebab komedo dan mengurangi peradangan. Madu merupakan pilihan terbaik untuk kulit sensitif, alasannya yakni tidak menimbulkan iritasi. Cukup dengan menggunakan masker madu setiap malam sebelum tidur. Keesokan harinya, bilas wajah hingga bersih. Lakukan setiap hari. Selain sanggup menghilangkan komedo, madu juga bagus untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

15. Pepaya
Dulu saya pernah membahas mengenai manfaat pepaya. Selain bagi kesehatan, ternyata buah kaya serat ini juga baik untuk merawat kulit, termasuk salah satunya menghilangkan komedo di hidung, dahi, dan area wajah lainnya. Bahkan dengan penggunaan rutin, pepaya mengandung vitamin E tinggi yang bisa menjaga kesejukan dan kelembaban kulit alami.
Caranya:
  • Haluskan daging buah pepaya matang sekiranya 1 cangkir.
  • Campur dengan 1 sdt kopi hingga membentuk adonan pasta.
  • Oleskan merata keseluruh serpihan wajah, terutama area komedo.
  • Jangan lupa pijat sebentar biar komedo terangkat.
  • Diamkan hingga terasa kaku, kemudian bilas air hangat.
16. Minyak Zaitun
Buatlah pasta dari adonan garam dan minyak zaitun, kemudian oleskanlah pada area wajah yang berjerawat dan komedo. Diamkan selama 60 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat, kompreslah dengan es. Salah satu manfaat minyak zaitun yakni untuk mengecilkan pori-pori dan menyamarkan bekas jerawat dan komedo secara efektif jikalau dipakai secara teratur.

17. Gandum
Bagi para ibu rumah tangga, tentu gandum bukan materi yang asing setiap kali memasak. Yup, materi tradisional ini selain bermanfaat untuk memasak juga bisa membantu mengatasi komedo membandel di wajah.
Selain komedo, ternyata gandum juga bisa memutihkan kulit secara alami karena ia mengandung vitamin B1 yang tidak mengecewakan tinggi.
Caranya:
  • Siapkan gandum kualitas terbaik secukupnya saja.
  • Campur dengan air hangat hingga membentuk adonan menyerupai pasta.
  • Oleskan ke area wajah yang sudah bersih.
  • Diamkan kurang lebih 15-20 menitan, kemudian bilas air hangat hingga bersih.
18. Masker pisang
Buah yang satu ini juga ampuh mengusir komedo lho. Caranya yakni dengan menghancurkan buah tersebut kemudian mengaplikasikannya pada wajah dengan cara dimassage. Biarkan sejenak hingga meresap pada kulit kemudian bilas.
 

 Sebagaimana kita ketahui bahwa komedo berasal dari produksi minyak berlebih pada wajah ya 32 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

19. Putih telur
Menghilangkan komedo dengan masker putih telur sangatlah ampuh. Seperti kita ketahui bersama, telur termasuk salah satu sumber protein terbaik, nah kandungan protein inilah yang berguna untuk komedo. Menariknya lagi, masker putih telur juga berguna untuk mengencangkan kulit alami.
Caranya:
  • Kocok putih telur seperlunya saja, lebih baik gunakan telur ayam kampung atau angsa biar lebih sehat.
  • Setelah membusa, campurkan sedikit perasan nipis supaya amisnya tak menyengat.
  • Gunakan kuas untuk mengoleskan keseluruh serpihan wajah. Tepat pada serpihan komedo, beri pijatan lembut selama 10 detik biar terangkat.
  • Setelah agak terasa kaku di wajah, bilas masker tadi dengan air hangat. Agar bau amisnya hilang, kau juga bisa membersihkan dengan facial foam.
20. Peppermint
Peppermint yakni ramuan yang sanggup membantu untuk menyingkirkan komedo dengan cepat. Efek mentol dalam peppermint menenangkan, membantu mengurangi iritasi dan kemerahan yang disebabkan oleh komedo. Peppermint mempunyai sifat antivirus dan antibakteri juga membantu menghilangkan basil penyebab timbulnya komedo. Cara menghilangkan komedo menggunakan peppermint cukup mudah. Yaitu dengan menghancurkan beberapa daun peppermint kemudian tempelkan pada komedo. Biarkan selama 10 menit. Kemudian, bilas menggunakan air dingin.

21. Kacang kedelai
Hampir sama dengan putih telur, kacang kedelai juga mengandung protein tinggi. Bedanya, protein dalam kacang kedelai bersifat nabati sedangkan putih telur hewani.
Selain mengandung protein, kacang kedelai juga diperkaya serat terlarut yang bisa membantu mengangkat kotoran di pori, flek hitam, bakteri, dan bahkan komedo membandel.
Caranya:
  • Haluskan kacang kedelai seperlunya. Agar lebih gampang gunakan blender.
  • Selanjutnya gosokan halusan kacang tersebut ke area komedo.
  • Diamkan melekat selama 10 menitan, kemudian bilas air hangat.
22. Mentimun
Mentimun yang kaya kalium dan vitamin, Khususnya vitamin A, vitamin C dan vitamin E mempunyai imbas hambar serta menenangkan pada kulit. Menjadikan mentimun sebagai masker wajah akan membantu membersihkan basil dan kotoran dari pori-pori anda yang tentunya hal tersebut sanggup menghilangkan komedo dan menciptakan wajah tampak lebih segar.

23. Garam
Garam merupakan salah satu materi wajib ketika memasak. Saya yakin, semua 
orang tentu sudah mengenal garam. Yup, materi hasil bahari ini ternyata mempunyai kandungan yodium tinggi yang sanggup membantu mengangkat komedo. Namun biar kulit tak mengalami iritasi, sebaiknya hentikan pemakaian sehabis komedo hilang ya.
Caranya:
  • Sediakan garam secukupnya saja, kemudian haluskan dengan menumbuk.
  • Tambahkan sedikit air perasan lemon hingga garam larut.
  • Gosokan perlahan ke area komedoan selama 10 detik.
  • Diamkan sejenak kurang lebih 30 menitan, kemudian bilas air hangat.
Saya telah menulis dengan tidak mengecewakan lebar pada artikel sebelum ini, dengan topik  Silahkan "Cara gampang mengatasi komedo dengan garam" dibaca!
24. Bawang Putih
Manfaat bawang putih diantaranya yakni sebagai antivirus, antijamur, antiseptik dan antioksidan yang sanggup membantu dalam pengobatan komedo secara cepat. Kandungan Sulfur di dalam bawang putih sanggup mempercepat penyembuhan komedo dan jerawat. Caranya sangat mudah. Yaitu dengan memotong siung bawang putih menjadi dua bagian, kemudian gosokkan pada komedo dan biarkan selama lima menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari hingga komedo hilang. Jika kulit anda sensitif, cobalah untuk menghancurkan bawang putih kemudian mencampurinya dengan air.

25. Kulit jeruk
Siapa bilang kulit jeruk tak bermanfaat? Mulai kini kau bisa menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo secara alami. Disini ada dua metode yang bisa dicoba dengan kulit jeruk, selengkapnya check it out berikut.
Caranya:
  • Pertama kau bisa pribadi menempelkan serpihan dalam kulit jeruk ke area komedo. Dijamin beberapa ketika kemudian komedo akan terangkat.
  • Cara kedua, kau bisa menciptakan scrub. Caranya haluskan kulit jeruk kemudian campur dengan gula pasir. Kemudian gunakan untuk menggosok serpihan komedo.
  • Kalau saya (pribadi) lebih suka menggunakan scrub, alasannya yakni ia lebih ampuh.
26. Buah Pala 
Menggunakan pala untuk merawat kulit mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar penduduk di Indonesia. Namun di negara asia lain, pala sudah banyak dimanfaatkan sebagai masker penghalus kulit.
Selain menghaluskan kulit, adonan pala dan susu juga terbukti cukup baik untuk menghilangkan komedo membandel di wajah. Oleh alasannya yakni itu, jangan ragu lagi menggunakan materi tradisional ini.
Caranya:
  • Campurkan bubuk pala dan susu hingga membentuk adonan pasta.
  • Selanjutnya bersihkan area wajah dengan air hangat terlebih dahulu. Ini bertujuan biar membuka pori sehingga komedo lebih gampang terangkat.
  • Sekarang oleskan adonan tadi secara merata, tertama pada serpihan komedo beri pijatan lembut selama 10 detik.
  • Agar bekerja maksimal, diamkan kurang lebih 20 menitan. Kemudian bilas dengan menggunakan air hambar hingga bersih.
27. Gula Aren
Gula merah merupakan materi alami yang paling gampang ditemukan. Gula merah sanggup menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori yang menjadi penyebab komedo. Cara menciptakan scrub gula merah terbilang mudah. Cukup dengan mencampurkan 3 sendok teh gula merah ke dalam 1 sendok teh madu, kemudian aduk merata. Terapkan scrub yang telah dibentuk pada seluruh wajah dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

28. Baking soda
Mungkin kau lebih familiar apabila baking soda dipakai untuk menciptakan makanan ringan manis atau roti. Namun siapa sangka, sifat abrasifnya yang tinggi sanggup membantu mengatasi komedo membandel di wajah.
Agar tak mengalami iritasi dan peradangan, sebaiknya hentikan pemakaian jikalau komedo sudah hilang. Sebab penggunaan baking soda berlebihan akan sangat berbahaya.
Caranya:
  • Larutkan baking soda seperlunya dengan air hangat hingga membentuk pasta.
  • Gosokan keseluruh serpihan komedo secara merata.
  • Diamkan hingga mengering dan kaku, kemudian bilas air hangat hingga bersih.
  • Lihat hasilnya, kini komedo kau sudah hilang.
39. Kunyit
Kunyit merupakan tumbuhan rempah-rempah orisinil dari Asia Tenggara. Selain dipakai sebagai bumbu masak, kunyit juga dijadikan obat tradisional. Salah satu manfaat kunyit untuk komedo didapatkan dari kandungan curcumin dalam kunyit yang berfungsi sebagai anti inflamasi yang baik untuk menyembuhkan sekaligus menghilangkan bekas komedo. Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Yaitu dengan memarut kunyit, kemudian gunakan parutan kunyit sebagai masker pada tempat yang ber komedo. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas wajah anda dengan air hambar hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu hingga komedo tidak muncul lagi.

30. Kayu manis
Tak hanya bubuk pala saja, tapi kau juga bisa menggunakan bubuk kayu manis untuk menghilangkan komedo secara tradisional. Agar akhirnya semakin mantap, jangan lupa campur bubuk kayu manis tersebut dengan jeruk lemon dan kunyit.
Caranya:
  • Siapkan bubuk kayu manis seperlunya saja.
  • Campur dengan perasan lemon dan bubuk kunyit, usahakan membentuk pasta.
  • Oleskan merata keseluruh serpihan komedo, kemudian pijat sebentar selama 10 detik.
  • Diamkan kurang lebih 20 menitan, sehabis kaku bilas air hangat.
31. Daun Kemangi
Tidak banyak yang tahu bahwa daun beraroma khas yang sering dipakai sebagai lalapan ini sanggup dipakai sebagai salah satu cara menyingkirkan komedo secara alami. Kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C serta antiseptik dalam kemangi berfungsi membunuh basil penyebab komedo dan menyembuhkan komedo secara cepat.
Caranya:
Tumbuk daun kemangi secukupnya. Campuri dengan air panas, kemudian aduk merata hingga sari dalam daun kemangi keluar. Diamkan hingga dingin. Kemudian, saring air daun kemangi yang telah hambar ke dalam sebuah wadah atau botol, kemudian simpan di dalam lemari es. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker sebelum tidur. Oleskan pada wajah menggunakan kapas. Keesokan paginya, bilas wajah menggunakan air hangat. Gunakan setiap hari, maka komedo akan hilang dan enggan muncul kembali.

32. Gelatin dan Susu
Gelatin dan susu bisa menjadi scrub yang efektif untuk membersihkan komedo. Bagaimana tidak? Gelatin mempunyai sifat lengket yang sanggup mengangkat komedo membandel di pori terdalam. Bahkan dengan penggunaan rutin, wajah kau akan tampil lebih cerah alami.
Caranya:
  • Campurkan 1 sendok bubuk gelatin (tanpa rasa) dengan 1,5 sendok susu bubuk kedalam mangkuk anti-panas.
  • Masukan kedalam microwave kurang lebih 10 detik.
  • Oleskan adonan tadi dengan menggunakan kuas merata keseluruh serpihan komedo.
  • Diamkan selama 10-20 menit biar meresap. Lalu angkat bertahap gelatin tadi. Lihat, kini komedo sudah terangkat semuanya.
Pandangan saya mengenai cara menghilangkan komedo dengan 32 materi alami ini sudah sangat tepat untuk ukuran kelengkapan jenis-jenis obatnya. Mohon maaf gambar tidak kami tampilkan semua, demi kelancaran dan kecepatan loading Anda. Semoga saja menjadi suatu manfaat yang cukup berharga bagi semua pembaca. Akhir kata Salam sehat semoga sembuh!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bluevpn : Free Internet Setup For Globe, Tm, Smart, Tnt And Sun

15 Rekomendasi Warna Rambut Untuk Kulit Sawo Matang

Play Dota 2 Offline Without Steam Using Revloader