Info Penyakit Lupus

Baca info penyakit lupus, gejala lupus, obat lupus, dan penyebabnya | Lupus adalah sejenis penyakit autoimun yang ditandai dengan peradangan kronis dan serangan terhadap jaringan dan organ tubuh. Hal ini juga sanggup dianggap sebagai jenis penyakit arthritis.
Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) alias Lupus. Eritomatosus artinya kemerahan. Sistemik bermakna menyebar luas keberbagai organ tubuh. Istilahnya disebut LES atau Lupus.
Arti kata lupus sendiri dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu kala lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Bercak-bercak merah di belahan wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan, rambutnya rontok, persendian kerap infeksi dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga sanggup menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.
 sejenis penyakit autoimun yang ditandai dengan peradangan kronis dan serangan terhadap ja Info Penyakit LupusDr. Rahmat Gunadi dari Fak. Kedokteran Unpad/RSHS menjelaskan, penyakit lupus adalah penyakit sistem imunitas di mana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing. Reaksi sistem imunitas bisa mengenai banyak sekali sistem organ tubuh mirip jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, lapisan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, maupun pembuluh darah dan sel-sel darah.
Lupus sanggup menyerang semua lapisan masyarakat, 1-5 orang di antara 100.000 penduduk, bersifat genetik, sanggup diturunkan. Wanita lebih sering 6-10 kali daripada pria, terutama pada usia 15-40 tahun. Bangsa Afrika dan Asia lebih rentan dibandingkan kulit putih. Dan tentu saja, keluarga Odapus.

Penyebab Pemicu Lupus

Yang selama ini dianggap sebagai pemicu munculnya lupus ialah infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stres. Penyakit ini justru kebanyakaan diderita perempuan usia produktif hingga usia 50 tahun sekalipun ada juga laki-laki yang mengalaminya. Oleh sebab itu dianggap diduga penyakit ini berafiliasi dengan hormon estrogen.

Gejala Lupus

Tanda dan tanda-tanda lupus itu bisa bervariasi. Sebagian besar akan mengalami:
  1. Kulit yang gampang gosong jawaban sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
  2. Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
  3. Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah ibarat cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan adakala bersisik. Melihat banyaknya tanda-tanda penyakit ini, maka perempuan yang sudah terjangkit dua atau lebih tanda-tanda saja, harus dicurigai mengidap Lupus.
  4. Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit LUPUS ini
  5. Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan

Jenis Macam Penyakit Lupus

1. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) Lupus jenis ini eritematosus sistemik ialah bentuk paling umum dari lupus. SLE memengaruhi beberapa organ tubuh sekaligus, dan sanggup menyebabkan kerusakan jaringan dan menyebabkan peradangan. Sedangkan penyebabnya belum diketahui hingga sekarang. Lupus jenis ini diyakini mempunyai faktor genetik, faktor lingkungan, dan hormonal. SLE juga mendominasi sekitar 70 persen dari semua masalah lupus di dunia.
2. Drug-Induced Lupus Erythematosus
Bentuk lupus ini, sesuai dengan namanya, dipicu oleh obat-obatan tertentu. Tanda-tanda dan tanda-tanda yang khas lupus ini termasuk nyeri sendi, nyeri otot, dan demam. Bagaimanapun, lupus jenis ini memengaruhi tubuh secara sistemik, sehingga organ-organ lain tidak terpengaruh.
Lupus ini dipicu sebagian besarnya sebab kondisi kronis penyakit lainnya. Misalnya seseorang suka menderita kejang, rheumatoid arthritis, TBC, detak jantung yang tidak teratur, dan tekanan darah tinggi. Setelah pemakaian obat dihentikan, tanda-tanda lupus biasanya akan hilang dalam waktu enam bulan. Perlu dicatat bahwa lupus yang bergantung pada obat-obat tertentu ini tidak akan menempatkan seseorang pada risiko yang lebih tinggi terkena lupus.
3. Neonatal Lupus Erythematosus (NLE)
Ini ialah suatu bentuk lupus yang paling jarang terjadi. Lupus jenis ini berpotensi memengaruhi bayi yang lahir dari ibu yang menderita lupus. Ini terjadi ketika antibodi lupus ibu bereaksi atas bayi dalam kandungan. Sehingga sesudah lahir, bayi sanggup mempunyai ruam kulit, tingkat sel darah putih yang rendah, dan problem hati.
Dalam kebanyakan kasus, bayi yang terkena lupus jenis ini akan pulih pada akhirnya. Ini artinya, efeknya tidak seumur hidup. Dalam beberapa kasus, NLE sanggup menyebabkan cacat jantung. Bayi anda mungkin memerlukan alat pacu jantung semasa hidupnya. Anda sebaiknya membicarakan dengan dokter anda ihwal lupus jenis ini.
4. Cutaneous Lupus Erythematosus (CLE)
Jenis lupus ini terbatas pada penampakan kulit, tetapi juga sanggup terjadi bersama dengan lupus jenis SLE. Gejala lupus terbatas pada kulit berupa ruam, lesi, kehilangan rambut, pembuluh darah melebar (sehingga mereka sanggup dilihat melalui kulit), bisul, dan kepekaan terhadap matahari. Ada tiga jenis CLE.
Pertama, subacute cutaneous lupus erythematosus (SCLE). Jenis lupus ini menyebabkan 10 persen dari kesleuruhan lupus CLE. Sebanyak 50 persen dari individu yang terkena SCLE kesannya berkembang menjadi lupus jenis SLE. Meskipun ada lesi kulit terkait dengan SCLE, lesi tersebut biasanya tidak meninggalkan bekas.
Kedua, discoid cutaneous lupus erythematosus atau DLE. Bentuk kulit ditandai dengan warna merah, ruam kulit semakin terperinci dan kesannya menjadi bersisik atau bermetamorfosis warna coklat tua. Mereka yang menderita DLE sebagian besarnya ruam ini muncul di wajah dan kulit kepal. Lesi juga bisa muncul sebagai bentuk luka di verbal atau hidung, dan sanggup meninggalkan bekas luka. Saat ini, tidak ada kekerabatan apakah DLE sanggup menyebabkan SLE di kemudian hari.
Ketiga, tumid lupus. Lupus jenis ini menyebabkan pembengkakan pada kulit. Individu yang terkena tumid lupus biasanya badannya membengkak, contohnya dikala terkena sinar matahari. Pada tubuhnya kemudian terdapat plak.

Obat Penyakit Lupus

Karena hingga kini lupus ini belum ditemukan obatnya, maka berhati-hatilah dengan segala macam iklan dan ajuan obat yang diklaim bisa menyembuhkan lupus. Jika-pun anda ke dokter atau ke rumah sakit, maka dokter akan lebih berfokus pada pengobatan yang sifatnya sementara. Lebih fokus pada perjuangan untuk mencegah meluasnya penyakit dan semoga si Lupus tidak menyerang organ vital tubuh.
Saya tidak jualan obat atau apapun untuk menyembuhkan lupus. Namun, jika anda ialah odapus, atau keluarga anda ada yang menderita lupus, saya sangat sarankan untuk membaca lebih banyak demi info lebih luas mengenai penyakit lupus di link-link berikut ini:
  1. Yayasan Lupus Indonesia, ada banyak hal yang bisa dilakukan orang dengan penyakit lupus. Lupus? Tidak cukup berpengaruh untuk menciptakan anda menunda hari.
  2. Info ihwal Lupus di Wikipedia
  3. Info ihwal Lupus dalam Bahasa Inggris


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bluevpn : Free Internet Setup For Globe, Tm, Smart, Tnt And Sun

15 Rekomendasi Warna Rambut Untuk Kulit Sawo Matang

Play Dota 2 Offline Without Steam Using Revloader