Tanda-Tanda Badan Kekurangan Mineral Zinc

Kapan kita perlu mengkonsumsi perhiasan mineral Zinc? Tentu saat tubuh memerlukan tambahan mineral ini. Meskipun bergotong-royong jarang terjadi tubuh mengalami defisiensi Zinc. Tapi kemugnkinan itu tetap ada. Jadi, masalahnya sekarang, apa sih tanda tubuh kita kekurangan Zinc?

Sebelumnya, coba kita kenali dahulu, si Zinc yang juga menjadi merek salah satu shampoo yang sempat muncul beberapa tahun kemudian itu.

Apa itu mineral Zinz? Fungsinya?

Zinc atau seng yaitu salah satu mineral yang diharapkan oleh tubuh dan dikelompokkan dalam golongan trace mineral. Namun bagi manusia, arti penting mineral zinc bergotong-royong gres terungkap pada tahun 1956.

Fungsi seng terbilang sangat vital bagi kelangsungan hidup sel-sel tubuh manusia. Salah satunya sebagai zat mediator bagi lebih 70 macam enzim dan protein yang ada di tubuh manusia. Enzim sendiri berperan dalam metabolisme seluruh sel-sel ditubuh manusia, maka jikalau enzim-enzim tidak terbentuk sempurna, fungsi sel tubuh akan terganggu. Selain itu, seng berperan pula dalam proses pembentukan genetik, yaitu pada DNA (Deoxyribose Nucleid Acid).

Tingkat kebutuhan tubuh insan terhadap mineral Zinc

Asupan seng yang diharapkan tubuh insan bergotong-royong sangat sedikit, namun ternyata peresapan seng oleh tubuh pun sangatlah kecil. Dari sekitar 4-14 mg/hari jumlah seng yang dianjurkan untuk dikonsumsi, hanya sekitar 10-40% saja yang sanggup diserap.

Dalam keadaan normal atau sehat jumlah yang dianjurkan untuk laki-laki cendekia balig cukup akal sebanyak 15 mg per hari, sedangkan perempuan 12 mg per hari. Cara kondusif mendapat zat gizi seng yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya seng.

Tanda-tanda tubuh kekurangan Zinc

Jika Anda tubuh Anda tidak mendapat suplai seng yang cukup, biasanya akan muncul tanda-tanda atau gejala.  Berikut yaitu tanda-tanda bila Anda mengalami kekurangan seng berdasarkan U.S. National Library of Medicine :

  • pertumbuhan tubuh yang lambat
  • tidak ada selera atau nafsu makan
  • luka usang pulihnya,  muncul lesi pada kulit dan bisul yang tak kunjung sembuh
  • sering merasa lelah berlebihan
  • rambut rontok
  • indera lidah dan pembau melemah
  • sangat kesulitan meilhat dalam gelap
  • produksi hormon pada laki-laki menurun (infertilitas)

Kekurangan seng pada laki-laki mengakibatkan menurunnya fungsi testikular (testicular hypofunction) yang berdampak pada terganggunya proses spermatogenesis dan produksi hormon testosteron oleh sel-sel Leydig. Testosteron yaitu hormon yang mensugesti libido dan ciri-ciri kelamin sekunder laki-laki.

Makanan yang mengandung mineral Zinc

Seng sanggup gampang ditemukan pada aneka macam jenis makanan yang kaya akan kandungan protein menyerupai daging, kacang-kacangan dan polong-polongan.

Makanan yang kadar sengnya tinggi antara lain kerang oyster, daging sapi, hati, dan rempah/bumbu makanan (spices). Sumber makanan yang baik yaitu keju cheddar, kepiting, daging kambing muda, kacang tanah, dan binatang ternak.

Makanan yang menghambat peresapan Zinc dalam tubuh

Kehadiran  zat mineral lain yang tinggi dalam tubuh, menyerupai zat besi dan tembaga serta adanya kandungan phytat pada bayam, kangkung dan sayuran lain, ternyata menghambat peresapan seng di mukosa usus. Namun, jikalau zat-zat tersebut difermentasikan, malah sanggup meningkatkan peresapan seng.

Selain itu, ada pula beberapa unsur makanan yang akan menghambat peresapan seng dalam tubuh, yaitu tinggi kadar kalsium, asam fitat, dan  copper (tembaga). Untuk itu, konsumsi makanan penghambat ini perlu dikurangi jumlah dan frekuensinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bluevpn : Free Internet Setup For Globe, Tm, Smart, Tnt And Sun

15 Rekomendasi Warna Rambut Untuk Kulit Sawo Matang

Play Dota 2 Offline Without Steam Using Revloader