Bahaya Dari Kebiasaan Mengupil

Bagi beberapa orang aktifitas mengupil ialah salah satu aktifitas yang menyenangkan, yang biasanya dilakukan sambil melamun. Apakah anda salah satu orang yang gemar mengupil? Biasanya aktifitas mengupil dilakukan sebanyak 4 kali sehari ketika sedang senggang atau santai. Tapi ternyata terlalu sering mengupil sanggup membahayakan kesehatan badan seseorang.

Mengupil termasuk salah satu aktivitas yang positif lantaran membantu membersihkan hidung dari kotoran atau benda absurd yang masuk dengan memakai ibu jari. Meskipun termasuk salah satu aktivitas yang umum, tapi bagi beberapa orang menganggap tabu lantaran sanggup menimbulkan perasaan jijik dan geli.

Upil yang berada di hidung terbentuk dari lendir yang telah mengering. Membran mukosa yang terdapat di rongga hidung akan selalu menghasilkan lendir berair yang fungsinya menghilangkan debu dan benda absurd lainnya yang masuk ke hidung. Nah lendir yang mengering ini mengakibatkan rasa gatal dan menciptakan orang ingin mengupil.

Inilah beberapa hal yang sanggup mengakibatkan beberapa orang mengupil, yaitu:
  • Sedang melongo atau memikirkan sesuatu
    Penyebab yang paling umum bagi orang melaksanakan aktifitas  mengupil ialah ketika seseorang sedang tidak memikirkan apa-apa, bingung, melongo atau sedang bosan. Aktifitas mengupil ini tidak jauh beda dengan kebiasaan menggigit kuku atau mengisap jempol, oleh alasannya itu tidak jarang orang yang tanpa sadar melakukannya di kawasan umum.
  • Menghilangkan iritasi
    Sifat alami hidung ialah cenderung kering dan gampang teriritasi oleh hal - hal alergi, materi kimia dan polusi udara. Hidung yang teriritasi akan menimbulkan gatal dan secara impulsif otak merespon dengan impian untuk menggaruk yakni dengan cara mengupil.
  • Untuk menghilangkan sekresi hidung
    Pada ketika seseorang sedang pilek, dan kalau terjadi bisul sinus dan alergi akan menjadikan sekresi hidung atau lendir meningkat. Seiring dengan waktu sekresi ini akan mengering dan menciptakan orang yang mengalaminya akan kesulitan bernafas. Oleh alasannya itu seseorang akan mengupil untuk menghilangkan penumpukan lendir sehingga nafas akan menjadi lega
Tentu kita boleh mengupil tetapi ada hal penting yang harus diperhatikan yakni jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah mengupil, memotong kuku dan tariklah upil dengan pelan semoga tidak melukai lapisan di dalam hidung.

Tetapi apabila seseorang terlalu sering mengupil hal ini sanggup mengakibatkan hidung menjadi kering yang jadinya sanggup memicu perdarahan. Hal ini disebabkan lantaran secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap ketika gunanya ialah untuk mencegah terjadinya kekeringan.

Sebaliknya apabila seseorang jarang mengupil, maka lendir yang telah bercampur dengan kotoran tersebut akan semakin mengeras jadinya sanggup menghambat pernapasan (sulit bernapas) dan jadinya menciptakan hidung tidak lagi sanggup bekerja secara efektif menyaring benda-benda absurd dari luar.

Efek lantaran terlalu sering mengupil adalah:
  1. Mudah terjangkit flu
    Virus flu sanggup masuk ke badan insan melalui selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Dengan memasukkan jari-jari yang tanpa kita sadari telah tercemar virus ini ke dalam lubang hidung sanggup mengakibatkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam waktu beberapa hari, seseorang sanggup saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.
  2. Mimisan
    Apabila seseorang terlalu sering mengupil atau bahkan mengupil dengan keras sanggup mengakibatkan kerusakan pada lapisan di dalam hidung yang berfungsi untuk melindungi badan dari kuman dan benda-benda absurd di udara, sehingga sanggup memicu terjadinya mimisan.
  3. Infeksi
    Selain gampang terinfeksi virus flu, terlalu sering mengupil sanggup mengakibatkan kuman dan kuman akan lebih gampang masuk ke dalam hidung yang jadinya menyebar ke pecahan badan yang lain.
  4. Merontokkan rambut hidung
    Ketika mengupil dilakukan secara terus menerusakan sanggup mengakibatkan rambut hidung rontok. Sedangkan fungsi dari rambut ini sangatlah penting untuk menyaring debu dan polutan yang ada di udara dan tentu saja tidak sanggup terlihat oleh mata lantaran ukurannya yang sangat kecil. Tanpa rambut hidung maka terusan kuman dan virus yang ada di udara terbuka lebar sehingga badan akan dengan gampang terkena bisul dan terjangkit segala macam penyakit terutama yang penularannya dari udara.
  5. Bisa meninggal
    Selain dari ancaman yang telah tersebut sebelumnya, yang paling angker ialah ancaman kematian. Kondisi ini sanggup terjadi apabila seseorang berusaha mengeluarkan upil yang besar. Karena didalam hidung ada tulang yang disebutsebagai tulang ethmoid, tulang ini ialah tulang yang memisahkan hidung dari otak. Jika ketika mengupil seseorang secara tidak sengaja menusuk tulang ini, maka cairan yang berada di dalam otak sanggup bocor yang jadinya sanggup mengakibatkan meningitis.
Nah bagi anda yang hobi mengupil, silahkan saja lakukan tapi berhati-hatilah, dan jangan tertalu sering, tetaplah menjaga kebersihan tangan dan kuku.
Selamat beraktifitas.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bluevpn : Free Internet Setup For Globe, Tm, Smart, Tnt And Sun

15 Rekomendasi Warna Rambut Untuk Kulit Sawo Matang

Play Dota 2 Offline Without Steam Using Revloader