7 Tips Diet Sehat Selama Bulan Puasa Yang Benar

Diet

Diet - Hai girls! Memiliki tubuh ideal adalah idaman bagi setiap wanita. Makanya di luaran sana banyak para ladies yang melakukan program diet. Dari yang sehat hingga yang membahayakan kesehatannya. Semua itu dilakukan hanya demi satu tujuan, yaitu 'langsing'.

Nah daripada kamu melakukan program diet yang membuat kesehatanmu bermasalah, mumpung sekarang lagi bulan puasa, jadi waktu yang tepat untuk kamu melakukan program diet yang sehat.

Namun sayangnya masih banyak diantara ladies di luaran sana yang gagal diet, meskipun sudah menjalani puasa dengan baik.

Hal tersebut di karenakan mereka tidak tahu cara yang tepat menjalani program diet di bulan puasa.

Maka dari itu, FiraBlog rangkum tips diet saat bulan puasa yang benar. Supaya kamu mendapatkan tubuh langsing idaman kamu. Jadi pas lebaran nanti, kamu nggak malu lagi deh buat keliling kompleks.

Nah berikut tips yang FiraBlog rangkum dari laman Kompas:

Hindari makan dan minuman manis saat berbuka puasa

Alasan kenapa kamu gagal diet meskipun sudah berpuasa kemungkinan besar karena saat berbuka puasa, kamu langsung menyantap minuman ataupun makanan yang manis.

Memang, memakan makanan yang manis saat buka puasa itu di anjurkan. Tapi bukan asal manis saja! Manis yang dimaksud adalah makanan manis yang sehat untuk tubuh kita, seperti buah kurma.

Mungkin selama ini kamu buka puasa dengan memakan makanan yang manis itu seperti sirup, dan segala macam makanan manis yang mengandung pemanis buatan. Makanya tubuh kamu tetap gendut, meskipun sudah berpuasa.

Hal tersebut di karenakan saat berpuasa, produksi insulin tubuh menurun. Padahal insulin berfungsi untuk mengubah gula jadi sumber energi. Jika gula tak diubah jadi energi, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak. Itulah sebabnya mengapa makan makanan manis saat buka puasa bisa bikin gemuk.

Untuk itu lebih baiknya cobalah awali dengan meminum air putih, dan juga konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks untuk menambah energi. Misalnya seperti buah, sayur, dan juga nasi merah.

Perbanyak minum air putih

Air putih atau air mineral, kamu harus tidak boleh melupakannya! Apalagi sekarang kamu berpuasa. Oleh karenanya, tetap konsumsi air putih 8 gelas sehari itu penting. Karena untuk membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Pernyataan tersebut di dukung dengan hasil dari penelitian Journal of Clinical Endocrinology and Metabolisme, yang mengungkapkan bahwa minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30 persen. Semakin cepat metabolisme tubuh bekerja, semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar.

Daripada kamu minum sirup yang bisa bikin berat badan kamu bertambah, kan? Lebih baik kamu minum air putih yang dapat membuat tubuh kamu sehat.

Konsumsi serat dan protein saat berbuka dan sahur

Nah untuk menu makanan buka puasa dan sahurnya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein.

Hal ini agar kondisi tubuh kamu tetap terjaga dan tentunya kamu tidak mudah gampang lapar. Jadi, pas buka puasa esok harinya kamu nggak 'kemaruk.'

Jaga porsi makanan

Meskipun dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari kamu tidak makan dan minum, tidak sepatutnya setelah mendengar adzan Maghrib kamu langsung mengambil menu buka puasa dengan porsi yang jumbo.

Cobalah untuk mengontrol nafsu makan kamu dengan membiasakan mengambil porsi makanan yang secukupnya. Dan yang penting, makanannya yang mengandung serat dan protein. Agar nafsu makan kamu tetap terjaga.

Stop makan gorengan

Seperti yang kita tahu, gorengan itu sumbernya lemak yang bikin berat badan kita nambah. Untuk itu bagi kamu yang hobi makan gorengan saat buka puasa maupun sahur atau untuk sekedar ngemil, hindari dulu deh!

Hal ini guna membantu program diet kamu. Kamu nggak mau kan apa yang sudah kamu usahakan nggak dapat hasil apa-apa?

Tapi, kerena tubuh kita juga membutuhkan lemak sebagai sumber energi, maka konsumsilah makanan yang mengandung lemak baik (sehat). Seperti alpukat, ikan, dan juga kacang-kacangan.

Tidur yang cukup

Meskipun jadwal tidur kita kadang terganggu dengan waktu sahur, tapi sebisa mungkin kamu usahakan untuk mendapat waktu tidur yang cukup.

Karena tidur juga merupakan salah satu cara menurunkan berat badan.

Pasalnya, kurang tidur saat puasa akan mengacaukan sistem metabolisme. 

Akibatnya, tubuh tidak bisa membakar cadangan lemak secara efektif.

Di samping itu, kurang tidur juga meningkatkan kadar hormon ghrelin yang menyebabkan nafsu makan bertambah.

Nah untuk itu, cobalah tetap berusaha untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Sehabis shalat tarawih langsung tidur, misalnya.

Olahraga

Haduh.... Mendengar namanya saja sudah bikin males, ya? Tapi olahraga memang hal yang sangat penting dalam menjalani program diet, girls. 

Karena apapun program dietnya, kalau tidak di imbangi dengan olahraga, ya tidak akan manjur juga. Kecuali karena beban pikiran. Tanpa olahraga pun berat badan turun dengan sendirinya.

Tapi kan lagi puasa? Emangnya kalau tidak puasa kamu tetap mau berolahraga?

Puasa bukan alasan yang tepat untuk seseorang bermalas-malasan. Meskipun kamu sedang berpuasa, kamu tetap di anjurkan berolahraga.

Karena biasanya tubuh menghasilkan energi dari pembakaran glukosa (gula).

Namun, ketika puasa dan tidak mendapatkan asupan glukosa selama berjam-jam, tubuh akan mencari sumber energi lainnya, yaitu cadangan lemak.
Maka, berolahraga saat puasa bisa memicu pembakaran lemak berlebih.

Kalau olahraga di pagi hari takut mengganggu puasa kamu, cobalah olahraga sehabis atau sebelum makan sahur sebelum imsak. Tidak perlu olahraga yang berat-berat, kok. Cukup melakukan gerakan senam santai aja sudah cukup. Yang terpenting, ada pembakaran lemak didalam tubuh kamu.

Nah itulah girls, tips diet selama bulan puasa yang bisa kamu praktekkan. Dan kalau bisa bukan hanya di bulan puasa saja kamu melakukan ini, melainkan di hari-hari biasa lainnya. Agar tubuh kamu tetap sehat dan langsing.

Komentar

  1. Mình đã tìm thấy các thông tin cần thiết ở đây, cảm ơn bạn. Mình cũng muốn giới thiệu về một Công ty dịch thuật uy tín - Công ty dịch thuật miền trung - MIDtrans có trụ sở chính chính tại địa chỉ 02 Hoàng Diệu, TP Đồng Hới, tỉnh Quảng Bình có Giấy phép kinh doanh số 3101023866 cấp ngày 9/12/2016 là đơn vị chuyên cung cấp dịch vụ dịch thuật, phiên dịch dành các cá nhân. Hệ thống thương hiệu và các Công ty dịch thuật con trực thuộc: công ty dịch thuật hcm - dịch thuật sài gòn 247 , địa chỉ 47 Điện Biên Phủ, Phường Đakao, Quận 1 TP HCM, dịch thuật buôn mê thuột, đăk lăk : địa chỉ 100 , Lê lợi, TP Buôn Mê Thuột là nhà cung ứng dịch vụ dịch thuật uy tín hàng đầu tại Đăk Lăk; viet translate : dịch vụ dịch thuật cho người nước ngoài có nhu cầu, giao diện tiếng Anh dễ sử dụng; dịch thuật công chứng bình thạnh : nhà cung ứng dịch vụ dịch vụ dịch thuật phiên dịch hàng đầu tại Quận Bình Thạnh, TP HCM; dịch thuật đà nẵng midtrans : Địa chỉ 54 Đinh Tiên Hoàng, Quận Hải Châu, TP Đà Nẵng chuyên cung cấp dịch vụ dịch thuật công chứng, dịch thuật chuyên ngành tại Đà Nẵng; dịch thuật hà nội midtrans : địa chỉ 101 Láng Hạ, Đống Đa, Hà Nội là nhà cung ứng dịch vụ biên dịch, phiên dịch chuyên nghiệp tại địa bàn Hà Nội. Chúng tôi chuyên cung cấp các dịch vụ biên dịch và phiên dịch, dịch thuật công chứng chất lượng cao hơn 50 ngôn ngữ khác nhau như tiếng Anh, Nhật, Hàn, Trung, Pháp, Đức, Nga, Tây Ban Nha, Bồ Đào Nha, Ý, Ba Lan, Phần Lan, Thái Lan, Hà Lan, Rumani, Lào, Campuchia, Philippin, Indonesia, La Tinh, Thụy Điển, Malaysia, Thổ Nhĩ Kỳ..vv... Dịch thuật MIDtrans tự hào với đội ngũ lãnh đạo với niềm đam mê, khát khao vươn tầm cao trong lĩnh vực dịch thuật, đội ngũ nhân sự cống hiến và luôn sẵn sàng cháy hết mình. Chúng tôi phục vụ từ sự tậm tâm và cố gắng từ trái tim những người dịch giả.Tự hào là công ty cung cấp dịch thuật chuyên ngành hàng đầu với các đối tác lớn tại Việt nam trong các chuyên ngành hẹp như: y dược (bao gồm bệnh lý), xây dựng (kiến trúc), hóa chất, thủy nhiệt điện, ngân hàng, tài chính, kế toán. Các dự án đã triển khai của Công ty dịch thuật chuyên nghiệp MIDtrans đều được Khách hàng đánh giá cao và đạt được sự tín nhiệm về chất lượng biên phiên dịch đặc biệt đối với dịch hồ sơ thầu , dịch thuật tài liệu tài chính ngân hàng, dịch thuật tài liệu y khoa đa ngữ chuyên sâu. Đó là kết quả của một hệ thống quản lý chất lượng dịch thuật chuyên nghiệp, những tâm huyết và kinh nghiệm biên phiên dịch nhiều năm của đội ngũ dịch giả của chúng tôi. Hotline: 0947688883. email: info@dichthuatmientrung.com.vn . Các bạn ghé thăm site ủng hộ nhé. Cám ơn nhiều

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bluevpn : Free Internet Setup For Globe, Tm, Smart, Tnt And Sun

15 Rekomendasi Warna Rambut Untuk Kulit Sawo Matang

Play Dota 2 Offline Without Steam Using Revloader