Punya Kulit Sensitif? Hindari Kosmetik Dengan Bahan-bahan Ini! Kalau Tidak, Bisa Berdampak Buruk Loh!



Hai girls! Melakukan perawatan kulit memang penting untuk menjaga kesehatan kulit biar tetap lembut. Oleh karenanya kamu pasti cari-cari produk kosmetik ataupun skin care yang cocok, kan?

Namun, kamu juga harus ingat! Bahwasanya kulit wanita itu tidak semuanya cocok dengan kosmetik yang di gunakan.

Ada kalanya kulit yang sensitif malah akan menyebabkan alergi atau bahkan iritasi ketika menggunakannya.

Hal tersebut di karenakan kandungan kimia dari kosmetik yang di gunakan.

Oleh sebabnya, sebelum kamu menentukan produk mana yang akan di gunakan, sebaiknya kamu cek dulu deh kandungannya! Biar nggak salah pilih.

Dan berikut FiraBlog rangkum dari Hipwee tentang kosmetik yang jangan kamu pakai bila mengandung bahan-bahan di bawah ini.

Methylisothiazolinone

Methylisothiazolinone merupakan sejenis bahan pengawet yang mempunyai tingkat reaksi alergi yang mencapai 10 persen.

Meski pada kenyataannya sangat sulit menghindari adanya bahan pengawet dalam produk skin care, ada baiknya hindari kalau kamu nemu bahan semacam ini ketika membeli skin care.

Atau kalaupun terpaksa karena tidak ada lagi atau karena alasan tertentu, cobalah pilih yang kadarnya paling rendah dengan rata-rata tingkat bahan reaksi alergi 1-2 persen saja.

Bahan pewarna

Walaupun pada faktanya jenis kosmetik seperti eyeshadow, lipstik, maskara, eyeliner, dan lain sebagainya kebanyakan mengandung pewarna. Jangan sampai kamu lengah!

Karena ternyata ada jenis pewarna yang bisa menyebabkan alergi, loh!

Dan itu biasanya terdapat pada jenis kosmetik yang belum benar-benar teruji oleh BPOM, atau yang harganya murah. Sehingga kamu tergoda untuk membelinya. Untuk itu, lebih teliti lagi ya!

Phtalates, fixed

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di New York, menunjukkan bahwa kosmetik atau skin care yang mengandung Phtalates bisa menyebabkan demam, bruntusan, alergi, asma, dan iritasi kulit.

Nah oleh sebabnya, kamu yang punya masalah kulit sensitif apalagi gampang kemerahan, segera hindari kalau nemu kosmetik atau skin care dengan bahan-bahan ini.

Comedogens

Walaupun bahan ini bisa mengatasi masalah kulit, namun ternyata ada efek samping yang dapat menyebabkan masalah kulit yang tidak bisa di abaikan begitu saja.

Karena bahan-bahan yang termasuk comedogenicmisalnya Lanolin Alkohol, Ethylhexyl palmitate, Sodium Laureth Sulfate, dan Kalium Klorida, yang mungkin akan Menyebabkan tumbuhnya jerawat serta komedo di wajahmu.

Bahan-bahan ini biasanya ditemukan pada makeup, tabir surya serta produk skin care lainnya.

Nah untuk tips agar tidak menimbulkan reaksi yang parah, gunakanlah kosmetik atau skin care dengan tingkat comedogenicyang rendah saja.

Methylparaben, Propil, dan Butylparaben

Methylparaben digunakan agar kosmetik atau bahan kimia yang di dalam produk kosmetik bisa bertahan lama dan aman dari serangan mikroba, jamur, dan mikroorganisme.

Jika masih digunakan dalam jumlah yang sedikit, lalu didukung dengan bahan kimia yang ringan dan nggak berbahaya, penggunaan paraben masih diperbolehkan dan diasumsikan tidak akan menimbulkan efek-efek tertentu. 

Namun meski begitu, jika kamu memang peduli terhadap kesehatanmu, baik jangka pendek ataupun jangka panjang, pilihlah produk kosmetik dan kecantikan yang bebas paraben.

Bahan kimia pengemulsi

Hindari bahan-bahan pengemulsi seperti Sodium Lauryl Sulfate yang terkandung dalam sabun wajah.

Karena bahan-bahan kimia tersebut umumnya bisa membersihkan kotoran dan kelebihan minyak pada wajah, namun merusak bagian lipid yang mengikat sesama sel kulit sehingga wajah menjadi kering dan rentan terhadap masalah kulit.

Hindari juga produk yang mengandung antibacterial yang bikin kulit jadi kering seperti tetrasodium EDTA dan triclosan.




Nah itulah tips memilih kosmetik untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif. Jadi kedepannya lebih teliti lagi ya dalam memilih kosmetik!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bluevpn : Free Internet Setup For Globe, Tm, Smart, Tnt And Sun

15 Rekomendasi Warna Rambut Untuk Kulit Sawo Matang

Play Dota 2 Offline Without Steam Using Revloader